Latest Updates

Khasiat dan Dampak Sabun dan Daun Sirih

"Khasiat, Manfaat dan Dampak Sabun Sirih dan Daun Sirih Bagi Wanita".
Kalimat tersebut seringkali saya dengar atau saya baca di forum-forum atau dari obrolan para wanita yang terjangkit penyakit keputihan pada umumnya.
Oleh karena itu, dalam artikel ini saya mencoba hunting dari berbagai media dan dari beberapa pengalaman para wanita untuk mencari informasi ini.

Berikut adalah beberapa pengakuan para wanita yang saya baca di forum-forum:

  • katanya klo dipake di daerah kewanitaan terlalu sering juga gak baek tapi itu berlaku untuk perawan... so perawan gak disarankan pake ini terlalu sering, katanya kandungannya bisa kering karena ekstrak sirihnya...
  • sebenarnya miss v sudah punya alat pelindungnya sendiri. jadi kalo terlalu sering dibersihin pake sabun sirih justru bisa merusak ph normal dari miss v tersebut. sebaiknya kalo tetep pengen bersihin lebih baik pake daun sirih aja, lebih alami dan tidak terkontaminasi bahan2 kimia.
  • Aku lebih memilih resep nenek, ( 5 lmbar daun sirih, segenggam daun delima ditambah 1ruas kuyit dibuat minuman).untuk mengobati mis V-ku yg gatal he..he kum-kum (berendam) air rebusan sirih kurang lebihnya slama 2-3 mnit.
  • berhubung aQ penggemar sirih untuk badan, aQ suka coba² sabun sirih, tapi beberapa justru membuat kulit aQ terasa kering buanget.... makanya gak sembarang aQ pilih sabun sirih... rata² sabun sirih gak ada merek-nya coz itu buatan homemade...
Daerah kewanitaan merupakan organ tubuh yang paling sensitif. Pada dasarnya organ kewanitaan memiliki kemampuan untuk membersihkan daerah tersebut sendiri. Adanya flora normal di dalamnya akan melindungi daerah tersebut dari berbagai kotoran, bakteri, dan kuman yang masuk. Jadi sebenarnya tidak diperlukan bahan khusus untuk membersihkannya, cukup dengan air bersih. Namun, untuk kasus tertentu, seperti gatal-gatal, keputihan, ataupun setelah menstruasi, produk pembersih dapat digunakan. Karena biasanya sabun/pembersih tersebut mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh kuman. Produk pembersih daerah kewanitaan hendaknya dipilih yang memiliki pH kurang lebih sama dengan pH organ intim wanita yakni sekitar 4,5. Pada pH tersebut, kuman-kuman tidak dapat tumbuh dan berkembang biak. Juga perlu diperhatikan bahwa produk pembersih ini tidak dianjurkan untuk digunakan setiap hari. Adanya kandungan antiseptik di dalamnya dikhawatirkan akan mengganggu flora normal organ intim wanita, sehingga justru tidak dapat berfungsi untuk melindungi lagi.

Daun Sirih

Sirih yang nama latinnya Piper betle L mempunya kandungan kimia minyak atsiri(kadinen,kavikol,sineol,eugenol,karvakol),za t samak. Bagian yang digunakan daun,getah dan minyaknya. Manfaatnya untuk obat bisul,hidung berdarah, radang selaput lendir mata, trachoma,mulut berbau,keputihan, gigi goyah,gusi bengkak, radang tenggorokan, encok,jantung berdebar-debar,kepala pusing, terlalu banyak keluar air susu,batuk kering,demam nifas, sariawan.(Ir.Arif Aliadi et.al ,1996 ) Pemanfaatan sirih bisa tunggal atau dikombinasikan dengan tanaman obat lainnya.

Obat Keputihan

Khasiat daun sirih dalam menyembuhkan keputihan pernah diuji secara klinis. Ini diungkapkan oleh Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Ia mengatakan bahwa daun sirih punya khasiat yang lebih bermakna dibandingkan dengan plasebo.

Pengujian melibatkan 40 pasien penderita keputihan yang tidak
sedang hamil, menderita diabetes melitus, ataupun penyakit hati dan ginjal. Dua
puluh di antaranya mendapatkan daun sirih, sedang sisanya diberi plasebo. Baik daun sirih maupun plasebo itu diberikan pada vagina sebelum pasien tidur selama tujuh hari.

Dari 40 pasien tersebut, 22 orang mendapat pemeriksaan ulang,
masing-masing 11 mendapat plasebo dan daun sirih. Hasil pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja.

Penelitian lain tentang manfaat sirih dilakukan di IPB Bogor. Ir. Nuri Andarwulan, Msi dan kawan-kawan dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB melakukan penelitian untuk memanfaatkan limbah minyak asiri daun sirih untuk memproduksi zat antioksidan. Ekstrak antioksidan tersebut selama ini masih diimpor.

Penelitian ini berpotensi menurunkan nilai impor bahan antioksidan. Di samping itu, produk emulsi yang dihasilkan dalam penelitian itu juga dapat dimanfaatkan untuk industri kecantikan.

Sementara itu, di India ada laporan penelitian yang mengatakan daun
sirih mempengaruhi kesuburan pria, seperti dilaporkan oleh Indian Journal of
Pharmacology. Efek daun sirih terhadap kesuburan laki-laki ini diujikan pada
tikus.

Diduga, pemberian ekstrak daun sirih yang mengandung alkohol secara oral pada tikus punya efek antikesuburan. Menurut laporan tersebut pemberian dosis ekstrak yang meningkat menyebabkan terjadinya penurunan jumlah sperma pada tikus.

Di India, penelitian tentang daun sirih ini tidak hanya untuk kesuburan pria saja. Di sana, daun ini sudah diteliti untuk mengobati penyakit asma, bronkitis, rematik, lepra, dan sakit gigi, bahkan juga untuk disfungsi ereksi. Sayangnya, belum banyak penelitian sejenis di Indonesia.

Resep Obat Keputihan

Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air.
Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk mencuci vagina.

Mudah-mudahan dari sedikit Pengalaman yang saya rangkum diatas bisa menjadi satu pertimbangan.

Kesimpulannya, dengan hidup bersih (selalu mencuci Miss V sampai merasa bersih dan sering mengganti CD bila sudah terasa kotor atau lembab) maka apa yang menjadi masalah wanita akan dapat teratasi

6 Responses to "Khasiat dan Dampak Sabun dan Daun Sirih"

Tuti said...

Thanks, Atas Infonya...

marta said...

infony sgt mmbntu bget..mksh

yuyutwah.com said...

yup sirih memang dikenal banyak manfaatnya

an online shop said...

Artikel yang menarik. Dalam kitab kamasutra pun daun sirih sudah tertulis sebagai sarana untuk mempererat keharmonisan rumah tangga.
Untuk teman2 yang membutuhkan produk sabun sirih, saya jual produk "Sabun Sirih Madura" dari Sari Natural yang khasiatnya sudah terbukti ampuh dan aman.
Untuk melihat produknya, buka blog saya. www.jamucafeshop.blogspot.com

Amanda Fibrianti said...

Kalo buat sariawan di vagina gmna. Aku hbs dtg bulan ga lama kerasa perih. Iseng2 aku liat tyta ad bercak putih ps diliat sariawan . Makin hari makin banyak. Rasanya ga nyaman bgt aplg klo lg duduk rasanya ga enak bgt perih aoalnya, mau ke dokter tp takut. Gimana yah aku udh dilema bgt. Pk produk abho*** malah makin jadi :'( gimana nih

Amanda Fibrianti said...

Bisa ga buat sariawan di vagina. Aku lg kena nih. Hbs dtg bulan kmrn brp hr kemudian tiba2 ada bercak putih terus perih pas aku liat namanya sariawan. Aku obatin pk produk abot*** tp bukan sembuh malah nambah jadi. Kira2 ada masukan gak biar cepet sembuh :'(:'(. Soalya risih bgt, pas duduk jdinya serba salah. Pedih sekaliiii :'(:'(